(RPP)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester :VI / 1
Materi Pokok : Perkembangbiakan makhluk hidup
Waktu : 1x 20 menit
Metode : Percakapan dan diskusi
A.
StandarKompetensi
2. Memahami cara perkembangbiakan
makhluk hidup
B. KompetensiDasar
2.3 Mengidentifikasi
cara perkembangbiakan tumbuhan
C. TujuanPembelajaran
o
Siswa
dapat Menyebutkan bagian-bagian bunga
o
Siswa
dapat Menyebutkan cara-cara penyerbukan.
& Karakter siswa yang diharapkan : Kreatif, Mandiri, dan
Rasa ingintahu.
D. MateriPokok
o
Perkembangbiakantumbuhan secara generatif
E. Media Belajar
o
Buku SAINS SD Kelas VI, Haryanto, Erlangga
o
Gambar
F. RincianKegiatanPembelajaranSiswa
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Apersepsi dan Motivasi :
o Menagihtugaspertemuansebelumnya
o Menyampaikantujuanpembelajarandankompetensi yang
diharapkan
|
(3menit)
|
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menunjukkan
bagian-bagian bunga
F Melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberi kesempatan
kepada siswa untuk menunjukkan bagian-bagian bunga
F Menyebutkancara-carapenyerbukan
F Memfasilitasi peserta
didik mengisi lembar kerja yang disediakansecara tertulis
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(15menit)
|
o Memberikankesimpulan,
empatmacampenyerbukanberdasarkanasalserbuk sari, yaitupenyerbukansendiri,
penyerbukantetangga, penyerbukansilang, danpenyerbukanbastar
o Evaluasi
o Memberikan tugas
|
(2 menit)
|
G.
Penilaian:
NilaiBudaya
Dan KarakterBangsa
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Kreatif :Sikap
yang dibutuhkan ketika menggambar bagian-bagian bunga
o Mandiri : Sikap dan perilaku yang tidak
mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas
o Rasa ingin tahu : Sikap dan tindakan yang selalu
berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dialaminya
|
o Menyebutkan
bagian-bagian bunga
o Menjelaskancara-carapenyerbukan
|
LKS dan Evaluasi
|
Tertulis
|
o Sebutkan
bagian-bagianbunga!
o Jelaskanlahcara-cara
penyerbukan!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Konsep
Praktek
Sikap
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semuasalah
* aktif
* kadang-kadangaktif
* pasif
* Sangat baik
* Baik
* Cukup
* Kurang
|
4
3
2
1
4
3
2
4
3
2
1
|
& LEMBARPENILAIAN
No
|
NamaSiswa
|
Aspek
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Konsep
|
Praktek
|
Sikap
|
||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
Dian
Widi
Gren
Jenny
Andre
Verin
Willy
Shannezz
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
@ Nilai
= (Jumlah skor : 12) X 100
@ Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Jakarta, 13 September 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas,
Antonius
Wagiman, S.Pd. Ari Ermawan
No comments:
Post a Comment