Wednesday, February 22, 2017

RPP IPA Perkembangbiakan Makhluk Hidup

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester          :VI / 1
Materi Pokok             : Perkembangbiakan makhluk hidup
Waktu                        : 1x 20 menit
Metode           : Percakapan dan diskusi


A.    StandarKompetensi

2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup

B.     KompetensiDasar

2.3 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan

C.    TujuanPembelajaran

o   Siswa dapat Menyebutkan bagian-bagian bunga
o   Siswa dapat Menyebutkan cara-cara penyerbukan.

& Karakter siswa yang diharapkan : Kreatif,  Mandiri, dan Rasa ingintahu.

D.    MateriPokok

o   Perkembangbiakantumbuhan secara generatif

E.     Media Belajar

o   Buku  SAINS SD Kelas VI, Haryanto, Erlangga
o   Gambar

F.     RincianKegiatanPembelajaranSiswa

Kegiatan
Alokasi waktu
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menagihtugaspertemuansebelumnya
o   Menyampaikantujuanpembelajarandankompetensi yang diharapkan

(3menit)
  1. KegiatanInti

& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menunjukkan bagian-bagian bunga
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran



& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberi kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan bagian-bagian bunga
F Menyebutkancara-carapenyerbukan
F Memfasilitasi peserta didik mengisi lembar kerja yang disediakansecara tertulis

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(15menit)
  1. Penutup

o   Memberikankesimpulan, empatmacampenyerbukanberdasarkanasalserbuk sari, yaitupenyerbukansendiri, penyerbukantetangga, penyerbukansilang, danpenyerbukanbastar
o   Evaluasi
o   Memberikan tugas

(2 menit)

G.    Penilaian:

NilaiBudaya Dan KarakterBangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Kreatif :Sikap yang dibutuhkan ketika menggambar bagian-bagian bunga
o  Mandiri : Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas
o  Rasa ingin tahu : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dialaminya
o  Menyebutkan bagian-bagian bunga
o  Menjelaskancara-carapenyerbukan

LKS dan Evaluasi



Tertulis

o  Sebutkan bagian-bagianbunga!
o  Jelaskanlahcara-cara penyerbukan!







FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.




2.



3.
Konsep




Praktek



Sikap
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semuasalah

* aktif
* kadang-kadangaktif
* pasif

* Sangat baik
* Baik
* Cukup
* Kurang
4
3
2
1

4
3
2

4
3
2
1

&  LEMBARPENILAIAN

No
NamaSiswa
Aspek
Jumlah
Skor
Nilai
Konsep
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
Dian
Widi
Gren
Jenny
Andre
Verin
Willy
Shannezz







CATATAN :
@ Nilai = (Jumlah skor : 12) X 100
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                                Jakarta, 13 September 2011
Mengetahui                                                                           
Kepala Sekolah,                                                                    Guru Kelas,





          Antonius Wagiman, S.Pd.                                          Ari Ermawan

                                                                              

No comments:

Post a Comment