BAB VI KURIKULUM S1 PGSD
Sejarah:
S1 mulai diselenggarakan Agustus 2002, tahun 2003 (kurikulum
operasional pertama), tahun 2008 (kurikulum operasional kedua)
Visi:
Menjadi prodi yang memiliki keunggulan akademik dalam
mengjasilkan guru kelas SD yang memiliki kompetensi pedagogik, keilmuan,
kepribadian, sosial, untuk mewujudkan perpaduan iman kristiani, iptek, dan
budaya Indonesia
Misi:
1.
Pendidikan akademik kekhususan Matematika dan IPA atau
B Inggris
2.
Melaksanakan kegiatan ilmiah
3.
Mendarmabaktikan pengetahuan pendidikan
Tujuan:

2.
Menghasilkan penelitian demi kualitas penbelajaran SD
3.
Menghasilkan sarjana yang memapu melayani masyarakat,
dan mengembangkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
Profil lulusan: S1 yang memiliki kompetensi sebagai guru SD,
keunggulan dalam pembelajaran MIPA/ B Inggris
SKL: 4 Kompetensi utama dan kompetensi pendukung serta
kompetensi lainnya
Kompetensi Utama:
1.
Mampu mengenal PD secara mendalam: prinsip
karakteristik aspek perkembangan, merancang program, cara belajar, bimbingan
2.
Menguasai bidang studi: menguasai BS utama,
metodologi, BS penunjang merancang &simulasi
3.
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik: prinsip
dasar penyelenggaraan, merancang pembelajaran yang mendidik, melaksanakan
pembelajaran 5 bidang studi, menilai proses
4.
Pengembangan profesional berkelanjutan: berperilaku
sebagai guru, mengembangkan diri, melalukan penilaian dan refleksi kinerja,
berkomunikasi efektif
Kompetensi pendukung:
1.
Memahami nilai keagamaan
2.
Menguasai kiemampuan bahasa Inggris
3.
Menguasai statistika dan kaidah penulisan ilmiah
4.
Mengenal metodologi dan substans BS penunjang
Kompetensi lainnya:
1.
Menguasai pembeajaran MIPA dan B Inggris
2.
Menguasai PAUD, kesehatan lingkungan, kepramukaan,
ketrampilan, bimbingan kelompok, dan permainan anak
No comments:
Post a Comment