BAB VI KURIKULUM S1 PGSD
Sejarah:
S1 mulai diselenggarakan Agustus 2002, tahun 2003 (kurikulum
operasional pertama), tahun 2008 (kurikulum operasional kedua)
Visi:
Menjadi prodi yang memiliki keunggulan akademik dalam
mengjasilkan guru kelas SD yang memiliki kompetensi pedagogik, keilmuan,
kepribadian, sosial, untuk mewujudkan perpaduan iman kristiani, iptek, dan
budaya Indonesia
Misi:
1.
Pendidikan akademik kekhususan Matematika dan IPA atau
B Inggris
2.
Melaksanakan kegiatan ilmiah
3.
Mendarmabaktikan pengetahuan pendidikan
Tujuan:
1.
Menghasilkan guru kelas yang menguasai kompetensi: mengenal
PD secara mendalam, menguasai materi dan metodolohi, menyelenggarakan
pembelajaran edukatif dan kreatif, mengembangkan profesionalitas
2.
Menghasilkan penelitian demi kualitas penbelajaran SD
3.
Menghasilkan sarjana yang memapu melayani masyarakat,
dan mengembangkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
Profil lulusan: S1 yang memiliki kompetensi sebagai guru SD,
keunggulan dalam pembelajaran MIPA/ B Inggris
SKL: 4 Kompetensi utama dan kompetensi pendukung serta
kompetensi lainnya
Kompetensi Utama:
1.
Mampu mengenal PD secara mendalam: prinsip
karakteristik aspek perkembangan, merancang program, cara belajar, bimbingan
2.
Menguasai bidang studi: menguasai BS utama,
metodologi, BS penunjang merancang &simulasi
3.
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik: prinsip
dasar penyelenggaraan, merancang pembelajaran yang mendidik, melaksanakan
pembelajaran 5 bidang studi, menilai proses
4.
Pengembangan profesional berkelanjutan: berperilaku
sebagai guru, mengembangkan diri, melalukan penilaian dan refleksi kinerja,
berkomunikasi efektif
Kompetensi pendukung:
1.
Memahami nilai keagamaan
2.
Menguasai kiemampuan bahasa Inggris
3.
Menguasai statistika dan kaidah penulisan ilmiah
4.
Mengenal metodologi dan substans BS penunjang
Kompetensi lainnya:
1.
Menguasai pembeajaran MIPA dan B Inggris
2.
Menguasai PAUD, kesehatan lingkungan, kepramukaan,
ketrampilan, bimbingan kelompok, dan permainan anak
No comments:
Post a Comment