Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran HARIAN
(RPPH) Tematik
Kelas / Semester : II (Dua) / 2 (Dua)
Tema : Lingkungan
Alokasi Waktu : 6 x 30
menit
I. Standar Kompetensi
1. B.
Indonesia
Mendengarkan
5. Memahami pesan pendek dan dongeng yang
dilisankan
Berbicara
6. Mengungkapkan secara lisan beberapa
informasi dengan mendeskripsikan benda dengan bercerita
Membaca
7.
Memahami ragam wacana tulis dengan
membaca nyaring dan membaca dalam hati
Menulis
8. Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar
dan menyalin puisi anak.
1.
IPA
4.
Memahami peristiwa alam dan pengaruh
matahari dalam kehidupan sehari-hari
II. Kompetensi Dasar
1.
B.
Indonesia
5.1 Menyampaikan pesan pendek yang
didengarkannya kepada orang lain
5.2 Menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya
6.1 Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar
sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain
6.2 Menceritakan kembali cerita
anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri
7.1 Membaca nyaring teks sebanyak 15 – 20 kalimat
dengan memperhatikan lapal dan intonasi yang tepat.
7.2 Menyebutkan isi teks panjang
(20 – 25 kalimat) yang dibaca dalam hati
8.1 Mendeskripsikan benda atau
binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis
8.2 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi.
2.
IPA
4.2
Mendeskripsikan kegunaan panas
dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
III. INDIKATOR
1.
B.
Indonesia
·
Mencatat isi pesan
·
Menulis pesan
dalam beberapa kalimat
·
Menyampaikan
pesan kepada orang lain
·
Menjawab
pertanyaan tentang isi donggeng
·
Mengajukan
pertanyaan tentang isi dongeng yang didengar
·
Menceritakan
kembali dongeng yang didengar menggunakan kata-kata sendiri
·
Menjelaskan
pesan dari dongeng yang didengar
·
Menirukan
suara binatang sekitar (kucing, anjing, tikus, kambing, burung, dan kelinci)
·
Menjelaskan
ciri-ciri tumbuhan secara rinci (nama dan ciri khasnya) dengan pilihan kata
yang tepat
·
Menjelaskan
ciri-ciri hewan secara rinci (nama, ciri khas, suara, dan tempat hidup) dengan
kalimat yang runtut
·
Mendeskripsikan
ciri-ciri tumbuhan/benda atau binatang dengan kalimat yang runtut
·
Memperagakan
gerak binatang tertentu (katak, kupu-kupu, bebek,
·
Menjelaskan pesan i-ciri binatang
secara rinci
·
Membaca teks dengan intonasi yang baik dan
benar
·
Menyalin kalimat dengan tulisan tegak
bersambung
·
Membuat karangan dibantu dengan gambar yang
sudah disediakan
2.
IPA
·
menyebutkan kegunaan panas dan
cahaya matahari bagi kehidupan manusia
·
Menguraikan pengaruh yang timbul dari
cahaya matahari pada manusia
·
Memperagakan
alat yang dapat menghindari dari pengaruh buruk sinar matahari
IV. Tujuan Pembelajaran
1.
B.
Indonesia
·
Siswa
dapat mencatat isi pesan tentang kesehatan
·
Dapat
menjelaskan cirri-ciri binatang secara rinci
·
Siswa
dapat membaca teks dengan intonasi yang baik dan benar
·
Siswa
dapat menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung
·
Siswa
dapat membuat karangan dibantu dengan gambar yang sudah disediakan
2.
IPA
·
Siswa dapat menyebutkan
kegunaan panas dan cahaya matahari bagi kehidupan manusia
·
Dapat
menguraikan pengaruh yang timbul dari cahaya matahari pada manusia
·
Memperagakan
alat yang dapat menghindari dari pengaruh buruk sinar matahari
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
V. Materi Ajar (Materi Pokok)
·
Membaca dan menulis kalimat
sederhana
·
Pengaruh
sinar matahari terhadap kondisi alam dan lingkungan di bumi
VI. MetodE Pembelajaran
· Ceramah, latihan, demontrasi, pemberian
tugas, Tanya jawab.
VII. KEGIATAN Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
Apresepsi/ Motivasi :
1.
Berdoa,
mengabsen, mengondisikan anak, mengatur tempat duduk
2.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti
1.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Dengan penjelasan guru diharapkan siswa
dapat mencatat isi pesan yang bertemakan kesehatan.
b.
Pertemuan Kedua
( B. Indonesia, IPA, Matematika) 3 x 35’
2. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Membaca teks dengan intonasi dan pelapalan
yang benar serta dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks.
b. Melalui penjelasan guru tentang kegunaan
panas dan cahaya matahari diharapkan siswa dapat menyebutkan kegunaan sinar matahari seperti :
untuk mengeringkan pakaian.
Pertemuan Ketiga (B. Indonesia, Matematika) 3 x 35’
1.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Setelah menyimak bacaan diharapkan siswa
dapat menyempurnakan kalimat, dapat menjawab pertanyaan yang sesuai dengan isi
bacaan
b. Melalui penjelasan guru tentang cara
penulisan hurup kapital yang benar seperti nama orang, nama kota, awal kalimat, diharapkan siswa
dapat menerapkannya dalam penulisan atau menyalin kalimat.
Pertemuan Keempat (B.
Indonesia) 3 x 35’
1.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Mempraktekkancara kerjasama dalam
memelihara dan membersihkan lingkungan sekitar
b. Menyalin kalimat dengan tulisan tegak
bersambung.
Pertemuan Kelima (B.
Indonesia) 2 x 35’
1.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Menuliskan kalimat yang didiktekan guru
dan menyusun kalimat
b.
Melaluipenjelasan
guru mengenai cara menyusun karangan
sederhana diharapkan siswa mampu menuangkannya
dalam tulisan yang baik dan benar.
Pertemuan Keenam (B. Indonesia, IPA) 3 x 35’
2.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Menjelaskan pengaruh yang timbul dari
sinar matahari diantaranya yaitu jika badan terus menerus terkena sinar
matahari maka akan menjadi hitam, jika melihat matahari langsung maka akan
merusak mata. Untuk menghindari ini semua maka perlu menggunakan pelindung
seperti paying, kacamata dan yang lainnya.
b. Membuat sebuah karangan yang dibantu
dengan gambar untuk memeudahkan anak dalam berkarya.
Minggu ke 2
Pertemuan ke pertama (B.
Indonesia, IPS). 3 x 35’
Guru menjelaskan
materi yang akan disampaikan.
1.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan
guru yaitu menulis dengan menggunakan huruf kapital.
b. Siswa mengerjakan tugas yang diberikan
guru yaitu menulis kalimat dengan menggunakan huruf kapital dan huruf sambung.
c. Siswa menyusun kalimat acak menjadi
kalimat yang sempurna
d. Guru menjelaskan tentang keadaan
lingkungan alam dan buatan
e. Siswa mendengarkan, menyimak dan
menanggapi penjelasan guru melanjutkan materi sebelumnya.
f. Siswa memberikan contoh cara memelihara
dan menjaga lingkungan alam di sekitar rumah baik secara lisan maupun tertulis.
Pertemuan ketiga (B. Indonesia, IPS). 3 x 35’
1.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.
Guru menugaskan siswa untuk
melanjutkan ke materi berikutnya.
b. Siswa menulis karangan pendek dengan
melanjutkan cerita yang sudah disediakan.
c. Siswa membacakan hasil karangannya didepan
kelas untuk ditanggapi.
d. Guru menugaskan siswa untuk menceritakan
pengalamannya membersihkan lingkungan di sekitar rumah
e. Siswa menceritakan secara lisan
pengalamannya membersihkan lingkungan disekitar rumah
Pertemuan keempat (IPA) 2 x 35’
1.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Guru menjelaskan
materi tentang kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari
melanjutkan materi sebelumnya.
b. Siswa menyimak dan menanggapi penjelasan
guru
c. Siswa menyebutkan kegunaan panas, dan
cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari bagi manusia dan makhluk hidup
lainnya
d. Siswa menyebutkan akibat atau pengaruh
yang ditimbulkan dari panas dan cahaya matahari serta memperagakan cara
menghindarinya.
Pertemuan kelima (B.
Indonesia). 2 x 35’
1.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Guru menjelaskan materi yang akan
disampaikan yaitu memperagakan percakapan.
b. Siswa memperagakan percakapan didepan
kelas dengan tema kesehatan.
c. Siswa menyebutkan tokoh dalam teks
percakapan tersebut.
d. Siswa menjawab pertanyaan teks percakapan tersebut.
2.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
b.
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c.
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
d.
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
e.
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
f.
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
3.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
a.
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
1.
Tanya jawab
2.
Kesimpulan
3.
Tes tertulis
VIII. Alat dan Sumber Belajar
·
Buku panduan B. Indonesia,
Sains, IPS,.
·
Buku
sumber lain yang dapat menunjang proses belajar mengajar
·
Alat peraga
IX. Penilaian dan Program Tindak Lanjut:
1.
Prosedur Penilaian
a. Penilaian Kognitif
·
Jenis : kuis, tugas
individu, ulangan harian
·
Bentuk : uraian, pilihan ganda dan isian
b. Penilaian Afektif
·
Bentuk : Lembar Pengamatan Sikap
c. Penilaian Psikomotorik: Terlampir
2. Instrumen Penilaian : Terlampir
3. Program Tindak Lanjut:
a. Remedial, bagi siswa
yang memperoleh nilai KD < KKM :
·
Mengikuti program pembelajaran kembali dengan memberikan
pembahasan soal-soal uji kompetensi (menjelaskan kembali penyelesaian
soal-soal).
·
Memberikan tugas yang berkaitan dengan indikator atau kompetensi
dasar yang belum tuntas.
·
Melakukan uji pemahaman ulang (ujian perbaikan) sesuai dengan
indikator/ kompetensi dasar yang belum tuntas.
b. Pengayaan bagi siswa
yang memperoleh nilai KD > KKM:
·
Memberikan program pembelajaran tambahan berupa pembahasan
soal-soal yang bervariasi dengan memberikan pembahasan soal-soal uji kompetensi
(menjelaskan kembali penyelesaian soal-soal).
Menyetujui
Kepala
Sekolah
SDN Kembangan Utara 10
(Ahmad
Saburi, S.Pd)
NIP :
196001251979081001
|
|
Jakarta, Juli 2015
Penyusun
(Ari
Ermawan, S.Pd.)
NIP:
19880128 201504 1002
|
No comments:
Post a Comment