Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Tema : Peristiwa
Kelas/Semester : II / 2
Alokasi Waktu : 3 minggu
I.
Standar Kompetensi
1.
Indonesia
a.
Memahami
pesan pendek dan dongeng yang dilisankan
b.
Mengungkapkan
secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
c.
Memehami
ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati
d.
Menulis
permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak
2.
IPS
a.
Memahami
kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
3.
IPA
a.
Mengenal
berbagai sumbar energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan
kegunaannya
b.
Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari.
4.
SBK
a.
Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang
terapung di air.
II.
Kompetensi Dasar
1. Indonesia
·
Menyampaikan pesan pendek yang didengarkannya kepada orang lain.
·
Menceritakan kembali isi dongeng yang di dengarkan.
·
Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan
kata-kata sendiri.
·
Menyebutkan isi teks agak panjang
(20 – 25 kalimat) yang dibaca dalam hati.
·
Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi.
2. IPS
· Mendeskripsikan kedudukan dan peran
anggota keluarga.
· Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan
peran dalam anggota keluarga.
· Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan
tetangga.
2.
IPA
·
Mengidentifikasikan sumber-sunber energi (panas, listrik, cahaya dan bumi)
yang ada di lingkungan sekitar.
·
Mengidentifikasi kenampakan matahari
pada pagi, siang dan sore hari.
·
Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari
dalam kehidupan sehari-hari.
3.
SBK
· Berkreasi dengan cat warna.
III. Indikator
1. B. Indonesia
·
Menulis pesan ke dalam beberapa kalimat dan
menyampaikannya kepada orang lain.
·
Menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi
cerita yang didengarkan.
·
Membaca lancar dengan dengan pemahaman teks
cerita agak panjang.
·
Menulis pengalaman dengan huruf sambung
yang benar.
2. IPS
·
Memahami pentingnya memelihara dokumen dan
koleksi barang keluarga.
·
Memahami cara memelihara dokumen dan
koleksi barang keluarga.
·
Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan
keluarga.
4.
IPA
·
Menunjukkan sumber panas, bunyi dan cahaya
melalui alat rumah tangga.
·
Membedakan panas matahari pagi, siang dan
sore hari.
·
Memahami kegunaan panas dan cahaya matahari
dalam kehidupan sehari-hari.
·
Memahami adanya kedudukan matahari pagi,
siang dan sore hari.
4. SBK
·
Menunjukkan langkah-langkah pembuatan cat
warna dari bahan buatan.
·
Memilih bahan buatan yang dapat dibuat cat
warna.
IV.
Tujuan Pembelajaran
1. B. Indonesia
·
Siswa
dapat menulis pesan ke dalam beberapa kalimat dan menyampaikannya kepada orang
lain.
·
Siswa
dapat menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan.
·
Siswa
dapat membaca lancar dengan dengan pemahaman teks cerita agak panjang.
·
Siswa
dapat menulis pengalaman dengan huruf sambung yang benar.
2. IPS
·
Siswa
dapat memahami pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·
Siswa
dapat memahami cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·
Siswa
dapat mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
3. IPA
·
Siswa
dapat menunjukkan sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
·
Siswa
dapat membedakan panas matahari pagi, siang dan sore hari.
·
Siswa
dapat memahami kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
·
Siswa
dapat memahami adanya kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari.
4. SBK
·
Siswa
dapat menunjukkan langkah-langkah pembuatan cat warna dari bahan buatan.
·
Siswa
dapat memilih bahan buatan yang dapat dibuat cat warna.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery
)
V.
Materi Pokok
1.
B.
Indonesia
a.
Teks
berisi pesan pendek.
b.
Bercerita
tentang dongeng.
c.
Menceritakan
yang didengarkan.
d.
Teks
panjang 20 – 25 kalimat.
e.
Puisi
menggunakan huruf sambung.
2. IPS
a.
Dokumen
diri dan keluarga.
b.
Pengalamam
diri sendiri dan keluarga
c.
Lingkungan
alam dan buatan di sekitar rumah
3. IPA
a.
Sumber
energi dan kegunaannya
b.
Pengaruh
sinar matahari terhdap kondisi alam dan kehidupan di bumi
c.
Kegunaan
panas matahari dalam kehidupan sehari-hari
4. SBK
a. Ragam
alat tekhnik dan proses pembuatan cat warna dari bahan alami dan buatan
5.
Metode Pembelajaran
a.
Demontrasi,
latihan, ceramah, pemberian tugas, tanya jawab.
VI.
Kegiatan
pembelajaran
- Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
1.
Merapikan
siswa, mengatue tempat duduk, berdo’a dan mengabsen (mengkondisikan anak).
2. Test awal pelajaran (pre test).
- Kegiatan inti
Minggu ke I
Minggu Ke II
Pertemuan pertama (B. Indonesia, IPA) 2 x 35’
1.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.
Setelah
mendengarkan cerita guru, siswa dapat menceritakan kembali cerita yang
didengarkan dengan menggunakan kata-kata
sendiri.
b. Membedakan panas matahari pagi, siang dan sore hari.
2.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.
membiasakan peserta
didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
b.
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c.
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
d.
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
e.
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
f.
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
3.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
a.
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan kedua (B. Indonesia, IPS) 2 x 35’
1.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.
Siswa membaca
lancar dengan pemahaman teks cerita agak panjang.
b. Melalui penjelasan guru, siswa dapat memahami cara
memelihara dokumen dan koleksi barang
keluarga.
2.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
b.
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c.
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
d.
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
e.
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
f.
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
3.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
a.
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ketiga (B. Indonesia)
2 x 35’
1.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Dengan penjelasan guru, siswa dapat
menulis pengalaman dengan huruf sambung yang benar.
2.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
b.
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c.
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
d.
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
e.
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
f.
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
3.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
a.
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan keempat (B. Indonesia) 2 x 35’
1.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Dengan membaca dalam hati, siswa dapat menjelaskan isi teks yang telah dibaca
dalam hati.
2.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
b.
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c.
memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
d.
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
e.
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
f.
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
3.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
a.
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan kelima (B. Indonesia, SBK). 2 x 35’
1.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.
Setelah
mendengarkan cerita guru siswa dapat membaca lancar dengan intonasi yang benar.
b. Melalui penjelasan guru, siswa mengaplikasikan bahan cat warna dari bahan alami.
2.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
b.
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c.
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
d.
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
e.
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
f.
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
3.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
a.
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu Ke III
Pertemuan pertama (B. Indonesia, IPA). 2 x 35’
1.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.
Dengan
penjelasan guru siswa menulis/mencatat pesan pendek yang disampaikan orang
lain.
b. Dengan penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari
dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
b.
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c.
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
d.
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
e.
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
f.
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
3.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
a.
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan kedua (B. Indonesia, IPS). 2 x 35’
1.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.
Setelah
mendengar penjelasan guru, siswa dapat menulis pengalaman yang berhubungan
dengan peristiwa (ulang tahun, mendapat adik baru).
b. Melalui penjelasan guru dan pengamatan gambar
lingkungan alam sekitar, siswa mampu menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar
rumah.
2.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
b.
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c.
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
d. memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
e. memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
f. memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
3. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
b. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Pertemuan ketiga (B. Indonesia). 2 x 35
1. Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
a.
Melalui penjelasan guru,
siswa memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring.
2. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
b. memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
c. memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
d. memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
e. memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
f. memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
3. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
b. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Pertemuan keempat (B.
Indonesia). 2 x 35’
1. Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
a. Melalui penjelasan guru , siswa mampu mengungkapkan secara lisan beberapa
informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita.
2. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
b. memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
c. memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
d. memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
e. memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
f.
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
3.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
a.
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
kelima (B. Indonesia, SBK) 2 x 35’
1.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.
Dengan
penjelasan guru, siswa membacakan puisi dengan intonasi yang sesuai dengan isi
puisi.
b. Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa
mendemontrasikan cara pembuatan / mengkombinasikan cat warna dari bahan buatan.
2.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
b.
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c.
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
d.
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
e.
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
f.
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
3.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
a.
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
keenam (B. Indonesia, SBK). 2 x 35’
1.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.
Melalui
penjelasan guru, siswa dapat menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung
yang rapi.
b. Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan alami.
2.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
b.
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c.
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
d.
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
e.
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
f.
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
3.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
a.
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b.
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C.
Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir,
guru:
1. Pada setiap akhir kegiatan belajar mengajar diadakan test akhir pelajaran /
post test baik dengan Tanya jawab maupun dengan tertulis.
VII.
Alat dan Sumber Belajar
· Alat peraga
· Buku panduan Bahasa Indonesia, Sains, IPS, SBK,
· Buku sumber lain yang dapat menunjang proses
belajar mengajar.
· Lingkungan sekitar
IX. Penilaian dan Program Tindak Lanjut:
1.
Prosedur Penilaian
a. Penilaian Kognitif
·
Jenis : kuis, tugas
individu, ulangan harian
·
Bentuk : uraian, pilihan ganda dan isian
b. Penilaian
Afektif
·
Bentuk : Lembar Pengamatan Sikap
c. Penilaian Psikomotorik: Terlampir
2. Instrumen Penilaian : Terlampir
3. Program Tindak Lanjut:
a. Remedial, bagi siswa
yang memperoleh nilai KD < KKM :
·
Mengikuti program pembelajaran kembali dengan memberikan pembahasan
soal-soal uji kompetensi (menjelaskan kembali penyelesaian soal-soal).
·
Memberikan tugas yang berkaitan dengan indikator atau kompetensi
dasar yang belum tuntas.
·
Melakukan uji pemahaman ulang (ujian perbaikan) sesuai dengan
indikator/ kompetensi dasar yang belum tuntas.
b. Pengayaan bagi siswa
yang memperoleh nilai KD > KKM:
·
Memberikan program pembelajaran tambahan berupa pembahasan
soal-soal yang bervariasi dengan memberikan pembahasan soal-soal uji kompetensi
(menjelaskan kembali penyelesaian soal-soal).
Menyetujui
Kepala
Sekolah
SDN Kembangan Utara 10
(Ahmad
Saburi, S.Pd)
NIP :
196001251979081001
|
|
Jakarta, Juli 2015
Penyusun
(Ari
Ermawan, S.Pd.)
NIP:
19880128 201504 1002
|
mas, mohon ijin mau share ya....
ReplyDelete