Wednesday, February 22, 2017

Contoh RPP KTSP Tematik Kelas II

Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik


Tema                    :  Peristiwa
Kelas/Semester    :  II / 2
Alokasi Waktu     : 3 minggu

I.         Standar Kompetensi

1.    Indonesia

a.         Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan
b.        Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
c.         Memehami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati
d.        Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak

2.    IPS

a.         Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga

3.    IPA

a.         Mengenal berbagai sumbar energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya
b.        Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari.

4.    SBK

a.         Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung di air.

II.      Kompetensi Dasar

1.  Indonesia

·              Menyampaikan pesan pendek yang didengarkannya kepada orang lain.
·          Menceritakan kembali isi dongeng yang di dengarkan.
·          Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·          Menyebutkan isi teks agak panjang  (20 – 25 kalimat) yang dibaca dalam hati.
·          Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi.

2. IPS

·     Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga.
·     Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
·     Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga.

2.    IPA

·         Mengidentifikasikan sumber-sunber energi (panas, listrik, cahaya dan bumi) yang ada di lingkungan sekitar.
·              Mengidentifikasi kenampakan matahari  pada pagi, siang dan sore hari.
·     Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.



3.    SBK

·     Berkreasi dengan cat warna.

III. Indikator

1.      B. Indonesia

·           Menulis pesan ke dalam beberapa kalimat dan menyampaikannya kepada orang lain.
·           Menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan.
·           Membaca lancar dengan dengan pemahaman teks cerita agak panjang.
·           Menulis pengalaman dengan huruf sambung yang benar.

2.      IPS

·           Memahami pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·           Memahami cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·           Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.

4.           IPA

·           Menunjukkan sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
·           Membedakan panas matahari pagi, siang dan sore hari.
·           Memahami kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
·           Memahami adanya kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari.

4. SBK

·           Menunjukkan langkah-langkah pembuatan cat warna dari bahan buatan.
·           Memilih bahan buatan yang dapat dibuat cat warna.

IV.        Tujuan Pembelajaran

1.      B. Indonesia

·           Siswa dapat menulis pesan ke dalam beberapa kalimat dan menyampaikannya kepada orang lain.
·           Siswa dapat menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan.
·           Siswa dapat membaca lancar dengan dengan pemahaman teks cerita agak panjang.
·           Siswa dapat menulis pengalaman dengan huruf sambung yang benar.

2.      IPS

·           Siswa dapat memahami pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·           Siswa dapat memahami cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·           Siswa dapat mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.

3.      IPA

·           Siswa dapat menunjukkan sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
·           Siswa dapat membedakan panas matahari pagi, siang dan sore hari.
·           Siswa dapat memahami kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
·           Siswa dapat memahami adanya kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari.

4. SBK

·           Siswa dapat menunjukkan langkah-langkah pembuatan cat warna dari bahan buatan.
·           Siswa dapat memilih bahan buatan yang dapat dibuat cat warna.





v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

V.      Materi Pokok
1.                                                                            B. Indonesia
a.        Teks berisi pesan pendek.
b.        Bercerita tentang dongeng.
c.         Menceritakan yang didengarkan.
d.        Teks panjang 20 – 25 kalimat.
e.         Puisi menggunakan huruf sambung.
2. IPS
a.        Dokumen diri dan keluarga.
b.        Pengalamam diri sendiri dan keluarga
c.         Lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
3. IPA
a.        Sumber energi dan kegunaannya
b.        Pengaruh sinar matahari terhdap kondisi alam dan kehidupan di bumi
c.         Kegunaan panas matahari dalam kehidupan sehari-hari
4. SBK
a.    Ragam alat tekhnik dan proses pembuatan cat warna dari bahan alami dan buatan
5.   Metode Pembelajaran
a.         Demontrasi, latihan, ceramah, pemberian tugas, tanya jawab.

VI.    Kegiatan  pembelajaran
  1. Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
1.       Merapikan siswa, mengatue tempat duduk, berdo’a dan mengabsen (mengkondisikan anak).
2.       Test awal pelajaran (pre test).

  1. Kegiatan inti

Minggu ke I


Minggu Ke II

Pertemuan pertama (B. Indonesia, IPA)  2 x 35’

1.      Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.       Setelah mendengarkan cerita guru, siswa dapat menceritakan kembali cerita yang didengarkan  dengan menggunakan kata-kata sendiri.
b.      Membedakan panas matahari pagi, siang dan sore hari.
2.      Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.       membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
b.      memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c.       memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
d.      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
e.       memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
f.       memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
3.      Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan kedua (B. Indonesia, IPS)  2 x 35’

1.      Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.       Siswa membaca lancar dengan pemahaman teks cerita agak panjang.
b.      Melalui penjelasan guru, siswa dapat memahami cara memelihara dokumen  dan koleksi barang keluarga.
2.      Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.       membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
b.      memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c.       memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
d.      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
e.       memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
f.       memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
3.      Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ketiga (B. Indonesia)  2 x 35’

1.      Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.       Dengan penjelasan guru, siswa dapat menulis pengalaman dengan huruf sambung yang benar.
2.      Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.       membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
b.      memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c.       memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
d.      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
e.       memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
f.       memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
3.      Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

Pertemuan keempat (B. Indonesia)  2 x 35’

1.      Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.       Dengan membaca dalam hati, siswa dapat menjelaskan isi teks yang telah dibaca dalam hati.




2.      Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.       membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
b.      memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c.       memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
d.      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
e.       memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
f.       memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
3.      Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan kelima (B. Indonesia, SBK).  2 x 35’

1.      Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.       Setelah mendengarkan cerita guru siswa dapat membaca lancar dengan intonasi yang benar.
b.      Melalui penjelasan guru, siswa mengaplikasikan bahan cat warna dari bahan alami.
2.      Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.       membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
b.      memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c.       memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
d.      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
e.       memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
f.       memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
3.      Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 



Minggu Ke III

Pertemuan pertama (B. Indonesia, IPA).  2 x 35’

1.      Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.       Dengan penjelasan guru siswa menulis/mencatat pesan pendek yang disampaikan orang lain.
b.      Dengan penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.       membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
b.      memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c.       memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
d.      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
e.       memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
f.       memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
3.      Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

Pertemuan kedua (B. Indonesia, IPS). 2 x 35’

1.      Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.       Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat menulis pengalaman yang berhubungan dengan peristiwa (ulang tahun, mendapat adik baru).
b.      Melalui penjelasan guru dan pengamatan gambar lingkungan alam sekitar, siswa mampu menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
2.      Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.       membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
b.      memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c.       memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
d.      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
e.       memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
f.       memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
3.      Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ketiga (B. Indonesia).  2 x 35
1.      Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.      Melalui penjelasan guru, siswa memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring.

2.      Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.       membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
b.      memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c.       memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
d.      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
e.       memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
f.       memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
3.      Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan keempat (B. Indonesia).  2 x 35’
1.      Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.       Melalui penjelasan guru , siswa mampu mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita.
2.      Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.       membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
b.      memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c.       memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
d.      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
e.       memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
f.       memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
3.      Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


Pertemuan kelima (B. Indonesia, SBK) 2 x 35’
1.      Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.       Dengan penjelasan guru, siswa membacakan puisi dengan intonasi yang sesuai dengan isi puisi.
b.      Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mendemontrasikan cara pembuatan / mengkombinasikan cat warna dari bahan buatan.
2.      Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.       membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
b.      memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c.       memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
d.      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
e.       memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
f.       memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
3.      Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan keenam (B. Indonesia, SBK).  2 x 35’
1.      Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.       Melalui penjelasan guru, siswa dapat menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi.
b.      Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan alami.
2.      Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.       membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
b.      memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c.       memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
d.      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
e.       memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
f.       memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
3.      Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.     Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
1.     Pada setiap akhir kegiatan belajar mengajar diadakan test akhir pelajaran / post test baik dengan Tanya jawab maupun dengan tertulis.

VII.                                                                                                    Alat dan Sumber Belajar
·      Alat peraga
·      Buku panduan Bahasa Indonesia, Sains, IPS, SBK,
·      Buku sumber lain yang dapat menunjang proses belajar mengajar.
·      Lingkungan sekitar

IX.    Penilaian dan Program Tindak Lanjut:
               
1.   Prosedur Penilaian
a.   Penilaian Kognitif
·      Jenis    : kuis, tugas individu, ulangan harian
·      Bentuk : uraian, pilihan ganda dan isian

b.  Penilaian Afektif
·                                          Bentuk : Lembar Pengamatan Sikap

c.  Penilaian Psikomotorik: Terlampir

2.    Instrumen Penilaian : Terlampir









3.    Program Tindak Lanjut:

a. Remedial, bagi siswa yang memperoleh nilai KD < KKM :
·      Mengikuti program pembelajaran kembali dengan memberikan pembahasan soal-soal uji kompetensi (menjelaskan kembali penyelesaian soal-soal).
·      Memberikan tugas yang berkaitan dengan indikator atau kompetensi dasar yang belum tuntas.
·      Melakukan uji pemahaman ulang (ujian perbaikan) sesuai dengan indikator/ kompetensi dasar yang belum tuntas.
b. Pengayaan bagi siswa yang memperoleh nilai KD > KKM:
·      Memberikan program pembelajaran tambahan berupa pembahasan soal-soal yang bervariasi dengan memberikan pembahasan soal-soal uji kompetensi (menjelaskan kembali penyelesaian soal-soal).











Menyetujui
Kepala Sekolah
SDN Kembangan Utara 10




(Ahmad Saburi, S.Pd)
NIP : 196001251979081001




Jakarta, Juli 2015        
Penyusun





(Ari Ermawan, S.Pd.)
NIP: 19880128 201504 1002

1 comment: