Wednesday, February 22, 2017

Rapat Dan Diskusi 4 Pilar Pembelajaran SLB B Pangudi Luhur

EMPAT PILAR PEMBELAJARAN
1.      SASARAN: Kemampuan berbahasa
a.       Spontanitas
Anak mengungkapkan isi hati secara spontan
b.      Komunikasi
Anak mengungkapkan isi hatinya dan menjawab pertanyaan orang lain
c.       Perbendaharaan kata
Anak memiliki dan memahami kosakata yang banyak dan kosakata tersebut dapat digunakan secara transparan
d.      Membaca
Anak memiliki kemampuan untuk menangkap isi bacaan
e.       Menulis
Anak mampu mengungkapkan ide/gagasan dalam hatinya dalam bentuk tulisan
2.      PENDEKATAN: Oral Aural
a.       Bersikap oral
Anak terbiasa berbicara secara lisan
b.      Keterarahwajahan
Anak terbiasa menatap lawan bicara
c.       Ketararahsuaraan
Anak terbiasa memfokuskan diri pada sumber suara
d.      Latihan mendengar
Anak dilatih mengoptimalkan sisa-sisa pendengaran
e.       Sisa pendengaran
Anak mengoptimalkan sisa-sisa pendengaran untuk kegiatan di kelas, ruang wicara dan ruang irama
3.      METODE PENDAMPINGAN: Metode Maternal Refleksi (MMR)
a.       Bahasa ibu
Guru menggunakan bahasa yang komunikatif dalam memenuhi kebutuhan anaknya
b.      Percakapan
Seluruh kegiatan pembelajaran dilakukan dengan percakapan
c.       Latihan reflektif
Kegiatan pengulangan pemerolehan kemampuan berhasa lisan, tulisan, pasif, dan aktif secra terus-menerus agar pembelajaran optimal
d.      Metode tangkap
Guru menangkap ungkapan siswa dalam situasi kongkret
e.       Berperan ganda
Guru bereaksi dan menanggapi dengan bahasa yag tepat sesuai dengan kebutuhan anak
4.      STRATEGI: Pelatihan Wicara dan Irama
a.       Self kontrol
Anak memiliki kemampuan untuk mengendalikan alat ucapnya agar dapat berbicara dengan artikulasi yang jelas
b.      Suara
Metode yang digunakan adalah metode suara; anak-anak harus mengeluarkan suara ketika percakapan
c.       Irama
Wicara anak mempunyai irama yang jelas dengan aksen temporal
d.      Tempo
Anak berbicara dengan tempo yang tepat
e.       Artikulasi
Pengucapan fonem-fonem jelas

BUDAYA SLB
1.      KOMUNIKATIF
a.       Menyapa
Bertegur sapa ketika berjumpa
b.      Pengulangan ucapan ketika berbicara
Anak mengucapkan dua kali untuk memperjelas arti sekaligus membetulkan ucapan
c.       Ngobrol
Anak terbiasa ngobrol dengan orang lain
d.      Bertanya
Anak selalu menanyakan hal-hal yang ingin diketahuinya
e.       Penyerapan Informasi
Anak-anak memiliki kemampuan untuk menyerap informasi dari berbagai media (koran, televisi, internet, dll)
2.      FRIENDLY
a.       Ramah
Anak bersikap ramah
b.      Empati
Anak bersikap empati
c.       Simpati
Anak simpati kepada orang lain
d.      Kerjasama
Anak dapat bekerja sama
e.       Relasi pribadi
Anak memiliki hubungan yang akrab dengan ornag lain
3.      MELODIS
a.       Wicara berirama
Anak berbicara dengan irama yang tepat
b.      Menari
Anak mampu menari untuk melatih motorik anak
c.       Melukis
Anak melatih motorik anak melalui lukisan
d.      Keterampilan tangan
Anak melatih motorik anak melalui keterampilan tangan
e.       Bermain peran
Anak memiliki ketetampilan bermain peran
PRIBADI UTUH
1.      Jujur
Anak jujur dalam setiap hal
2.      Mandiri
Anak mandiri dalam berbagai kegiatan
3.      Disiplin
Anak disiplin dalam berbagai hal
4.      Sehat
Anak sehat jasmani dan rohani
5.      Cerdas
Anak cerdas dalam berbagai hal


No comments:

Post a Comment