1. SASARAN:
Kemampuan berbahasa
a. Spontanitas
Anak mengungkapkan isi hati secara spontan
b. Komunikasi
Anak mengungkapkan isi hatinya dan menjawab pertanyaan orang lain
c. Perbendaharaan
kata
Anak memiliki dan memahami kosakata yang banyak dan kosakata tersebut
dapat digunakan secara transparan
d. Membaca
Anak memiliki kemampuan untuk menangkap isi bacaan
e. Menulis
Anak mampu mengungkapkan ide/gagasan dalam hatinya dalam bentuk tulisan
2. PENDEKATAN:
Oral Aural
a. Bersikap
oral
Anak terbiasa berbicara secara lisan
b. Keterarahwajahan
Anak terbiasa menatap lawan bicara
c. Ketararahsuaraan
Anak terbiasa memfokuskan diri pada sumber suara
d. Latihan
mendengar
Anak dilatih mengoptimalkan sisa-sisa pendengaran
e. Sisa
pendengaran
Anak mengoptimalkan sisa-sisa pendengaran untuk kegiatan di kelas, ruang
wicara dan ruang irama
3. METODE
PENDAMPINGAN: Metode Maternal Refleksi (MMR)
a. Bahasa
ibu
Guru menggunakan bahasa yang komunikatif dalam memenuhi kebutuhan anaknya
b. Percakapan
Seluruh kegiatan pembelajaran dilakukan dengan percakapan
c. Latihan
reflektif
Kegiatan pengulangan pemerolehan kemampuan berhasa lisan, tulisan, pasif,
dan aktif secra terus-menerus agar pembelajaran optimal
d. Metode
tangkap
Guru menangkap ungkapan siswa dalam situasi kongkret
e. Berperan
ganda
Guru bereaksi dan menanggapi dengan bahasa yag tepat sesuai dengan
kebutuhan anak
4. STRATEGI:
Pelatihan Wicara dan Irama
a. Self
kontrol
Anak memiliki kemampuan untuk mengendalikan alat ucapnya agar dapat
berbicara dengan artikulasi yang jelas
b. Suara
Metode yang digunakan adalah metode suara; anak-anak harus mengeluarkan
suara ketika percakapan
c. Irama
Wicara anak mempunyai irama yang jelas dengan aksen temporal
d. Tempo
Anak berbicara dengan tempo yang tepat
e. Artikulasi
Pengucapan fonem-fonem jelas
BUDAYA SLB
1. KOMUNIKATIF
a. Menyapa
Bertegur sapa ketika berjumpa
b. Pengulangan
ucapan ketika berbicara
Anak mengucapkan dua kali untuk memperjelas arti sekaligus membetulkan
ucapan
c. Ngobrol
Anak terbiasa ngobrol dengan orang lain
d. Bertanya
Anak selalu menanyakan hal-hal yang ingin diketahuinya
e. Penyerapan
Informasi
Anak-anak memiliki kemampuan untuk menyerap informasi dari berbagai media
(koran, televisi, internet, dll)
2. FRIENDLY
a. Ramah
Anak bersikap ramah
b. Empati
Anak bersikap empati
c. Simpati
Anak simpati kepada orang lain
d. Kerjasama
Anak dapat bekerja sama
e. Relasi
pribadi
Anak memiliki hubungan yang akrab dengan ornag lain
3. MELODIS
a. Wicara
berirama
Anak berbicara dengan irama yang tepat
b. Menari
Anak mampu menari untuk melatih motorik anak
c. Melukis
Anak melatih motorik anak melalui lukisan
d. Keterampilan
tangan
Anak melatih motorik anak melalui keterampilan tangan
e. Bermain
peran
Anak
memiliki ketetampilan bermain peran
PRIBADI UTUH
1. Jujur
Anak jujur dalam setiap hal
2. Mandiri
Anak mandiri dalam berbagai kegiatan
3. Disiplin
Anak disiplin dalam berbagai hal
4. Sehat
Anak sehat jasmani dan rohani
5. Cerdas
Anak cerdas dalam berbagai hal
No comments:
Post a Comment