Pendekatan
Tradisional dan Keterampilan Proses dalam Menulis
No.
|
Komponen
|
Pendekatan
Tradisional
|
Pendekatan
Proses
|
1
|
Pilihan Topik
|
Tugas menulis
kreatif yang spesifik diberikan oleh pengajar
|
Pembelajar
memilih topik sendiri, atau topik-topik yang diambil dari bidang studi lain
|
2
|
Pembelajaran
|
Pengajar hanya
sedikit atau tidak memberikan pelajaran.
Pembelajar
diharapkan menulis sebaik-baiknya
|
Pengajar
mengajar pembelajar mengenai proses menulis dan mengenai bentuk-bentuk
tulisan
|
3
|
Fokus
|
Berfokus pada tulisan
yang sudah jadi
|
Berfokus pada
proses yang digunakan pembelajar ketika menulis
|
4
|
Rasa Memiliki
|
Pembelajar
menulis untuk pengajar dan kurang merasa memiliki tulisan sendiri
|
Pembelajar
merasa memiliki tulisan sendiri.
|
5
|
Pembaca
|
Pengajar
merupakan pembaca utama
|
Pembelajar
menulis untuk pembaca yang sesungguhnya
|
6
|
Kerja Sama
|
Hanya sedikit
atau tidak ada kerja sama
|
Pembelajar
menulis dengan bekerja sama dan berbagi tulisan yang dihasilkan masing-masing
dengan teman-teman satu kelompok/kelas
|
7
|
Draft
|
Pembelajar
menulis draft tunggal dan harus memusatkan pada isi sekaligus segi mekanik
(ejaan, tanda baca, tata tulis)
|
Pembelajar
menulis draft kasar (outline) untuk
menuangkan gagasan dan kemudian merevisi dan menyunting draft ini sebelum
membuat hasil akhir
|
8
|
Kesalahan
Mekanik
|
Pembelajar
dituntut untuk menghasilkan tulisan yang bebas dari kesalahan
|
Pembelajar
mengoreksi kesalahan sebanyak-banyaknya selama menyunting, tetapi tekanannya
lebih besar pada isi daripada segi mekanik
|
9
|
Peran Pengajar
|
Pengajar
memberikan tugas menulis dan menilainya jika tulisan sudah jadi
|
Pengajar
mengajarkan cara menulis dan memberikan balikan selama pembelajar merevisi
dan mengedit/menyunting
|
10
|
Waktu
|
Pembelajar
menyelesaikan tulisan dalam satu jam pelajaran
|
Pembelajar
mungkin menghabiskan waktu tidak hanya satu jam pelajaran untuk mengerjakan
setiap tugas menulis
|
11
|
Evaluasi
|
Pengajar
mengevaluasi kualitas tulisan setelah tulisan selesai disusun
|
Pengajar
memberikan balikan selama pembelajar menulis, sehingga pembelajar dapat
memanfaatkannya untuk memperbaiki tulisannya. Evaluasi berfokus pada proses
dan hasil.
|
No comments:
Post a Comment