Wednesday, February 22, 2017

Permainan dalam Matematika

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SD PANGUDI LUHUR JAKARTA
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : V / 1
Alokasi Waktu            : 35 menit
A. Standar Kompetensi
Menghitung volume kubus dan balok dan dan menggunakannya dalam pemecahan masalah

B. Kompetensi Dasar
Menghitung volume kubus dan balok

C. Indikator
1.      Siswa dapat menghitung volume balok

Karakter yang diharapkan:
Mandiri, percaya diri, bertanggung jawab terhadap tugas

D. Materi Pokok
Menghitung volume balok

E. Media
1.      Amplop berisi kartu jawaban

F. Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan awal (5 Menit)
GURU
ANAK
Menggambar sebuah balok di papan tulis
Menebak gambar yang dibuat guru
Menanyakan bagian panjang, lebar dan tinggi balok
Salah seorang anak menunjukkan panjang, lebar, dan tinggi balok
Menanyakan rumus mencari volume balok
Menjawab pertanyaan guru
Menjelaskan sebuah permainan “Telumok” (tebak volume balok)
Memperhatikan guru dengan seksama

2.      Kegiatan inti (25 menit)

GURU
ANAK
Membagi anak dalam kelompok
(masing-masing kolompok membentuk lingkaran kecil)
Membentuk kelompok sesuai instruksi guru
(1 kelompok 5 – 7 anak)
Menginstruksikan anak agar bermain dengan mengikuti prosedur dan peraturan
Mengikuti permainan dengan tertib

3.      Kegiatan akhir (5 menit)

GURU
ANAK
Bersama anak melakukan refleksi permainan
Bersama guru melakukan refleksi permainan
Memberikan kesempatan naka bertanya
Menanykana materi yang b elum dimengerti
Memberikan tugas rumah
Mencatat dalam buku agenda

G. Alat, Bahan /Sumber
Buku Matematika VA, halaman 243
H. Penilaian
Format penilaian kelompok
NO
Kelompok
ASPEK  PENILAIAN
TOTAL SKOR
NILAI
Kecepatan
Sportivitas
Kerja sama
Antusiasme
1
I






2
II






3
III






4
IV















Jakarta, 25 Juni 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                    Guru Kelas V


Mikhael                                                               Ari Ermawan



RANCANGAN PERMAINAN
Kelas                           : V
Semester                     : Ganjil
Mata Peajaran           : Matematika
Kompetensi Dasar:
Menghitung volume kubus dan balok dan dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
Materi:
Menghitung volume balok
Identifikasi:
Menghitung volume balok pada dasarnya sama dengan dengan menghitung volume kubus, yaitu luas alas dikalikan dengan tinggi. Namun anak lebih kesulitan menghitung volume balok karena balok memiliki sisi-sisi yang berbeda dengan kubus, yaitu sisi panjang, lebar, dan tinggi.
Rancangan permainan:
Nama Permainan         : “Telumok” (tebak volume balok)
Jumlah Peserta            : 20 – 35 anak

I.   Prosedur:
A.    Aturan permainan
1.      Permainan dilakukan dalam kelompok
2.      Permainan bersifat kompetisi dan hanya akan dipilih satu kelompok yang menang
3.      Kelompok menyiapkan alat tulis untuk menghitung
4.      Setiap kelompok memilih ketuanya
5.      Ketua kelompok mengangkat kartu jawaban apabila sudah menemukan jawaban
6.      Kelompok yang melakukan keributan akan didiskualifikasi


B.     Langkah-langkah permainan
1.      Anak dibagi dalam kelompok, tiap kelompok beranggotakan 6 sampai 7 anak
2.      Masing-masing kelompok duduk tenang membentuk lingkaran kecil
3.      Guru membagikan amplop berisi 10 buah kartu jawaban ke setiap kelompok
4.      Anak membuka amplop berisi jawaban dan menyiapkan alat tulis
5.      Setelah semua kelompok terkondisi, guru membacakan soal volume balok yang pertama
6.      Anak dalam kelompok segera menghitung volume balok dan mencari jawaban pada kartu jawaban
7.      Ketua kelompok mengangkat kartu jawaban
8.      Guru memberi nilai 100 pada kelompok yang paling cepat.
9.      Begitu seterusnya hingga soal terakhir.
10.  Kelompok yang menang adalah yang dapat mengumpulkan nilai terbanyak

Daftar soal (6 soal) dan jawaban (10 jawaban = 6 jawaban benar dan 4 pengecoh)
NO
SOAL
JAWABAN PADA KARTU
DI DALAM AMPLOP
1
Berapakah volume balok jika:
p = 5 cm
l = 3 cm
t = 4 cm ?
60 cm³
2
Berapakah volume balok jika:
p = 10 cm
l = 3 cm
t = 3 cm ?
90 cm³
3
Berapakah volume balok jika:
p = 5 cm
l = 4 cm
t = 2 cm ?
40 cm³
4
Berapakah volume balok jika:
p = 10 cm
l = 4 cm
t = 2 cm ?
80 cm³
5
Berapakah volume balok jika:
p = 5 cm
l = 3 cm
t = 5 cm ?
75 cm³
6
Berapakah volume balok jika:
p = 5 cm
l = 4 cm
t = 5 cm ?
100 cm³

Jawaban pengecoh
70 cm³
65 cm³
85 cm³
50 cm³

Tabel 1: Soal dan jawaban
II.  Reward dan punishment
1.      Kelompok yang menang diberi apresiasi berupa pujian, tepuk tangan, atau hadiah lainnya yang menarik, selanjutnya diminta mengumpulkan kembali kartu jawaban dalam amplop
2.      Kelompok yang belum menang diberi motivasi agar semakin semangat dalam belajar dan berlatih

III. Refleksi:

Permainan ini mengajak anak bekerja sama untuk menghitung volume balok sesuai soal yang dibacakan oleh guru. Selain daya ingat, juga dibutuhkan ketelitian dan kecepatan dalam mengerjakan soal. Kerja sama dalam kelompok akan sangat membantu anak dalam dalam memahami konsep menghitung volume balok.

No comments:

Post a Comment